Penulisan Surat Yang Baik Dan Benar

Penulisan Surat Yang Baik Dan Benar

Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam menulis surat. Kalian harus mengetahui jenis surat apa yang akan ditulis, cara menulis nama yang menerima surat, cara menulis alamat surat yang benar, serta pola surat yang akan kalian tulis. Berikut adalah panduan penulisan surat yang baik dan benar, sebagai berikut:

  • Cara penulisan nama yang menerima surat

Hal pertama yang harus dituliskan di dalam surat adalah nama dari yang menerima lalu dilanjutkan dengan alamat penerima. Berikut pembahasan detail cara menulis nama penerima surat.

  • Dalam surat kalian awali dengan kata “Yth” yang diikuti dengan tanda titik. Selain itu, bisa dengan menuliskan “Yang terhormat” namun tidak perlu tanda titik setelahnya.

  • Sebelum menuliskan nama orang yang menerima, hendaknya menuliskan sapaan terlebih dahulu seperti Bapak, Ibu, Saudara atau bisa disingkat menjadi Bpk, Ibu, Sdr.

  • Apabila nama penerima memiliki gelar akademik di depan namanya, maka tidak perlu menambahkan kata sapaan seperti Bapak, Ibu atau Saudara. Karena gelar tersebut seperti Dr, Ir, dan sebagainya bisa dijadikan kata sapaan pengganti. Ini juga berlaku apabila penerima surat memiliki pangkat lain seperti Jendral, Kolonel, Letnan, Kapten, dan lain-lainnya.